MAKALAH
APLIKASI MULTIMEDIA
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Lahirnya
teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik,
teknik komputer dan perangkat lunak.Kemampuan penyimpanan dan pengolahan gambar
digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara
maupun video dalam bentuk digital.Multimedia merupakan konsep dan teknologi
dari unsur - unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan didalam
komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang
sangat inovatif antara komputer dengan user.Teknologi Multimedia merupakan
perpaduan dari teknologi komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak
dengan teknologi elektronik, perkembangan serta pemanfaatan teknologi
multimedia banyak digunakan hampir diseluruh aspek kegiatan.
Multimedia
adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga
pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Bila
dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya
terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang
dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai
dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality).
Multimedia
sering digunakan dalam dunia hiburan.Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga
diadopsi oleh dunia Game.Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan
dan bisnis.Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran,
baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri.Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media
kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar
belakang diatas penulis menarik rumusan masalah untuk dijadikan pokok
pembahasan dalam makalah ini yaitu :
1. Apa
pengertian Aplikasi Multimedia ?
2. Apa
kebutuhan Perangkat Keras ?
3. Bagaimana
Elemen Multimedia ?
4. Bagaimana
Perangkat Lunak Untuk Menciptakan Program Multimedia ?
C. Tujuan
Adapun tujuan dari
penulisan makalah ini yaitu sebagai berikut :
1. Mengetahui
pengertian aplikasi multimedia
2. Mengetahui
apa-apa saja kebutuhan perangkat keras dalam multimedia
3. Mengetahui
berbagai macam elemen multimedia
4. Mengetahui
jenis perangkat lunak untuk menciptakan program multimedia
BAB
II
PEMBAHASAN
Multimedia
diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media
atau perantara.Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks,
grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan.
Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna
komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat
disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Disini dapat
digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk
menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih
menarik.
“Multimedia adalah
kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum
merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996)
atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau
output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks,
grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat
menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,
grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001). Multimedia
adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,
audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang
memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan
berkomunikasi.
Dalam
definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama, harus
ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar. Kedua, harus
ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi. Ketiga, harus
ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang
saling terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada
pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dengan
ide.
Jika
salah satu komponen tidak ada, bukan multimedia dalam arti luas namanya.
Misalnya, jika tidak ada komputer untuk berinteraksi, maka itu namanya media
campuran, bukan multimedia.Kalau tidak ada alat navigasi yang memungkinkan
untuk memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia.
Demikian juga kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide
sendiri, maka nama televisi, bukan multimedia. Dari beberapa definisi di atas,
maka multimedia ada yang online (Internet) dan multimedia ada yang offline
(tradisional).”
A. Aplikasi
Multimedia
Aplikasi
multimedia adalah, aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan
elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video.
Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile , video untuk
tutorial, e-Learning , maupun Computer Based Training
1. Jenis
Aplikasi Multimedia
Jenis
aplikasi multimedia sangatlah beragam dan banyak, klasifikasi multimedia dapat
digolongkan dari cara penyajian dan tujuan. Dilihat dari cara penyajiannya
program multimedia digolongkan menjadi;
a. Linear
Program atau Continuous Program
Yaitu
sebuah program yang berkesinambungan dari awal sampai akhir karena informasinya
disusun berurutan dari awal hingga akhir, sehingga penayangannya tidak mungkin
dihentikan pada suatu saat secara acak, karena informasi yang disampaikan akan
menjadi tidak lengkap dan tidak jelas. Secara garis besar linear program
terdiri dari pembukaan, kemudian diikuti bagian isi atau uraian apa yang
dikemukakan pada pendahuluan dan terakhir adalah bagian penutup. Penutup ini
dapat berupa kesimpulan atau ringkasan seluruh uraian tersebut. Program
multimedia dengan bentuk linear program, dapat berupa program audio visual
statis seperti multi image slide program, audio visual gerak, animasi film,
maupun gabungan ketiga media tersebut
b. Interactive
Program
Yaitu
sebuah aplikasi yang dapat masing-masing berdiri sendiri sehingga aplikasi
tersebut dihentikan pada suatu saat secara acak dan tetap memberi kan informasi
yang dibutuhkan yang merupakan bagian atau unit terkecil dari keseluruhan
aplikasi. Aplikasi interaktif memberikan banyak pilihan kepada audience untuk
memilih sendiri informasi yang diinginkan, dan dari mana akan dimulai serta
diakhiri, ataukah hanya sebagian saja dari keseluruhan informasi yang
dibutuhkan
Berbagai
aplikasi multimedia dapat dilihat pada Tabel 1.Tampak bahwa aplikasi multimedia
sangat luas.
Tabel 1 Aplikasi
multimedia
|
Aplikasi
|
Keterangan
|
|
Presentasi bisnis
|
Multimedia digunakan
sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan
produk/servis ataupun gagasan ke audien.
|
|
Pelatihan berbasis
computer
(CBD/Computer Based
Training)
|
Multimedia digunakan
untuk mempermudah pembelajaran tentang pengetahuan yang menuntut penyajian
visual. Contoh, CBT digunakan untuk menunjukkan cara membersihkan dan menguji
busi. Dengan cara seperti ini, tidak hanya tata cara membesihkan busi yang
dapat divisualisasikan, tetapi bunyi percikan api ketika busi dites juga
diperdengarkan.
|
|
Hiburan
|
Multimedia digunakan
dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik
dan interaktif.
|
|
Pendidikan
|
Multimedia digunakan
memvisualisasikan pelajara-pelajaran yang sulit diterangkan (misalnya fisika
dan matematika) dengan cara konvensional.
|
|
Penyajian informasi
|
Multimedia dapat
dipakai untuk membentuk ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar,
dan suara. Selain itu, multimedia juga memungkinkan penerbitan elektronis,
baik dalam bentuk buku elektronis maupun koran elektronis.
|
|
Kios interaktif
|
Kios adalah tempat
informasi yang biasa dijumpai pada tempat-tempat umum (misalnya mall atau
universitas). Pemakai dapat berinteraksi dengan layar sentuh untuk
mempermudah dalam mencari informasi.
|
|
Telekonferensi
|
Multimedia digunakan
untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan
kemasing-masing komputer pemakai.
|
B. Kebutuhan
Perangkat Keras
Sebuah
sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimediapaling tidak memiliki
kompenen yang disebut kartu suara (sound card) sepasang speaker, dan mikropon. Kartu
suara adalah kartu yang digunakan agar komputer mendukung pemrosesan audio.
Speaker adalah peranti untuk menyajikan suara. Mikropon adalah peranti untuk
menerima suara manusia. Umumnya komputer sekarang telah dilengkapi
komponen-komponen tersebut. Untuk membentuk aplikasi multimedia, bermacam-macam
peralatan dapat digunakan. Gambar 1 memperlihatkan semua piranti yang dapat
digunakan untuk membangun aplikasi multimedia. Gambar 1 Berbagai peralatan yang
digunakan dalam aplikasi multimedia
C. Elemen
Multimedia
Sebagaimana
tersirat dalam definisi multimedia di depan, elemen multimedia meliputi : Teks,
Suara, Gamabar statis, Animasi, dan Video.
1. Teks
Teks
merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi,
baik yang menggunakan model baris perintah ataupun GUI. Teks dapat disajikan
dengan berbagai bentuk font maupun ukuran.
- Pada
awal sejarah peradaban, manusia telah menggunakan gambar- gambar dan tulisan
untuk menceritakan tentang pengalaman,
- Teks
merupakan alat komunikasi yang utama, jauh sebelum Gutenberg menemukan mesin
cetak
- Dengan
perkembangan teknologi Multimedia , teks dapat dengan media lain dengan cara
yang lebih powerful dan bermakna untuk menyajikan informasi
dan mengekspresikan perasaan
- Teks
dapat dirancang dengan menggunakan :
· Word
Processor (WP)
Teks
dibuat menggunakan WP kemudian di import dari Multimedia Authoring Program
seperti Macromedia Director atau Macromedia Authorware dalam format Rich Text
Format (RTF)
· Authoring
Software (AS)
Teks dibuat menggunakan
fasilitas text editor yangterdapat dalam program seperti Macromedia Director
· Format
Text
a. Bullet
text :
Berisi
teks pendek; diawal dengan simbol-simbol tertentu.
Digunakan untuk
menjelaskan konsep atau menjelaskan suatu maksud.
Contoh simbol yang
digunakan : *, *, 1, a, dll
b. Paragraf
text
Merupakan
sekumpulan teks; biasanya terdiri lebih dari 1 kalimat.
Ada 4 bentuk format
paragraf, yaitu : left-aligned, right- aligned, centered, justified
2. Suara
Suara
merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi tertentu: misalnya untuk
memperdengarkan cara melafalkan sebuah kata dalam bahasa inggris. Dengan
bantuan suara, pemakai dapat mendengar bunyi suatu kata dengan tepat.
Suara
pada komputer disimpan dengan berbagai format. Tabel 2 memperlihatkan tipe-tipe
berkas suara
Tabel 2 Format berkas
suara pada komputer
|
Format
|
Ekstensi
|
Keterangan
|
|
AIFF
|
Aif
|
Kepanjangannya adalah
Audio Interface File Format, merpakan standar berkas suara tersempel pada
komputer Apple.
|
|
AU
|
.au
|
Format suara yang
pertama kali dikembangkan oleh Sun. Terkenal di lingkungan UNIX.
|
|
MIDI
|
.mid
|
Kepanjangannya adalah
Musical Instrument Digital Interface, merupakan format suara yang khusus
menyimpan instrumen musik. Tidak biasa untuk suara.
|
|
MP3
|
.mp3
|
Format yang umum
digunakan untuk lagu.
|
|
WAVE
|
.wav
|
Format suara yang
biasa dipakai untuk windows.
|
|
WMA
|
.wma
|
Kepanjangannya adalah
Windows Media Audio, merupakan berkas suara yang mempunyai kualitas seperti
CD tetapi dengan ukuran berkas hanya setengah dari ukuran berkas MP3.
|
Berbagai
perangkat lunak dapat digunakan untuk merekam suara. Sebagai contoh, Sound
Recorder yang tersedia pada Windows dapat digunakan untuk merekam suara dengan
format WAVE.
3. Gambar
Statis
Umumnya
gambar disimpan dengan cara dimampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang
dalam penyimpanan eksternal.Untuk melakukan pemampatan ini, ada dua teknik yang
dikenakan.Yang pertama dinamakan teknik lossless dan yang kedua adalah teknik
lossy. Teknik pemampatan lossy adalah suatu teknik yang memampatkan data
sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar
asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama. Dengan cara seperti ini, gambar
dapat dimampatkan sekecil mungkin. Teknik pemampatan lossless adalah suatu
teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengan gambar aslinya.
Banyak format gambar
yang telah diimplementasikan dalam sistem komputer.
Beberapa format
terkenal dapat dilihat pada Tabel 3
|
FORMAT
|
EKSITENSI
|
KETERANGAN
|
|
BMP
|
.bmp
|
Kepanjangannya adalah
BitMap Grafics. Format yang biasa digunakan pada DOS dan Windows.
|
|
CDR
|
.cdr
|
Format gambar yang
dihasilkan CorelDraw.
|
|
DXF
|
.dxf
|
DXF (Drawing eXchange
Format) adalah format gambar yang dihasilkan program AutoCAD.
|
|
EPS
|
.eps
|
Kepanjangannya adalah
Encapsulated PostScript. Format yang dapat digunakan untuk teks dan gambar.
|
|
GIF
|
.gif
|
Kepanjangannya adalah
Grafics Interchange Format. Dikembangkan oleh Compuserve pada tahun 1987.
Hanya dapat menangani 256 warna.
|
|
HPG
|
.hpg
|
Format dari Hewlett
Packard (Hewlett Packard Graphics Language).
|
|
JPG
|
.jpg
.jpeg
.jpe
|
Kepanjangannya adalah
Joint Photographic Expert Group. Tingkat kompresinya sangat tinggi.
|
|
PCX
|
.pcx
|
Format yang digunakan
oleh perangkat lunak Paintbrush.
|
|
PNG
|
.png
|
PNG (Portable Network
Graphics) dirancang oleh W3C (World Wide Web Consortium) untuk menggantikan
GIF dan JPEG. Formatnya didesain supaya tidak tergantung pada mesin, sehingga
dapat ditangani oleng sembarang jenis komputer dan sistem operasi.
|
|
TGA
|
.tga
|
Format Targa (TGA)
merupakan format berkas gambar yang dimuat oleh True Vision, Inc. untuk
mengimplementasikan true color (warna alami yang mengandung jutaan warna).
|
|
TIFF
|
.tif
|
Kepanjangannya adalah
Tagged Image File Format. Format ini bisa digunakan pada desktop publishing.
|
|
WMF
|
.wmf
|
Kepanjangannya adalah
Windows MetaFile. Biasa dijumpai pada Windows.
|
|
WPG
|
.wpg
|
Format gambar yang
dihasilkan oleh DrawPerfect.
|
Berbagai
perangkat lunak tersedia untuk membuat gambar statis.Adobe Photoshop merupakan
contoh perangkat lunak terkenal di Windows yang digunakan untuk memanipulasi
gambar dan foto.Di lingkungan Linux terdapat GIMP. Paint merupakan program
grafik sederhana yang dapat digunakan untuk membuat gambar dengan menggunakan
mouse.
4. Animasi
Aplikasi
animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan
memanipulasi informasi dalam bentuk animasi.Animasi adalah gambar bergerak atau
video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak riil.
Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah sebagai berikut:
- Macromedia Flash, merupakan perangkat lunak
animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat
komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.
- Houdini Animation Software, bersifat komersial
dan diproduksi oleh Side Effect Software.
- Power Animator, merupakan generasi pendahulu
dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias
Systems CorporationTeknik animasi yang lain yang sangat terkenal adalah
morphing.
Jenis-jenis animasi :
Karakter
animasi sendiri sekarang telah berkembang yang dulu mempunyai prinsip sederhana
sekarang menjadi beberapa jenis animasi yaitu karakter animasi sendiri sekarang
telah berkembang yang dulu mempunyai prinsip sederhana sekarang menjadi
beberapa jenis animasi yaitu :
a. Animasi
2D (2 Dimensi )
Animasi
2D biasa juga disebut dengan film kartun.Kartun sendiri berasal dari kata
Cartoon, yang artinya gambar yang lucu.Dan film kartun itu kebanyakan film yang
lucu.Contohnya banyak sekali, baik yang di TV maupun di Bioskop. Misalnya:
Shincan, Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby doo, dan masih
banyak lagi. Meski yang populer kebanyakan film Disney, namun bukan Walt Disney
sebagai bapak animasi kartun.
b. Animasi
3D (3 Dimensi)
Perkembangan
teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang
dan maju pesat.Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D.Dengan animasi
3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud
manusia aslinya.Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka
berlomba¬lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis. Bermunculanlah,
Bugs Life, AntZ, Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., hingga
Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars, Valian.Kesemuanya itu biasa ju
ga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).
c. Stop_Motion
Animation
Animasi
ini juga dikenali sebagai claymation kerana animasi ini menggunakan clay (tanah
liat) sebagai objek yang di gerakkan.Teknik ini pertama kali di perkenalkan
oleh Stuart Blakton pada tahun 1906.Teknik ini seringkali digunakan dalam
menghasilkan visual effect bagi filem-filem era tahun 50an dan 60an.
Film Animasi Clay
Pertama dirilis bulan Februari 1908 berjudul, A Sculptors Welsh Rarebit
Nightmare. Untuk beberapa waktu yang lalu juga, beredar film clay yang berjudul
Chicken Run..
Jenis ini yang paling
jarang kita dengar dan temukan diantara jenis lainnya.Meski namanya clay (tanah
liat), yang dipakai bukanlah tanah liat biasa.Animasi ini memakai plasticin,
bahan lentur seperti permen karet yang ditemukan pada tahun 1897.Tokoh-tokoh
dalam animasi Clay dibuat dengan memakai rangka khusus untuk kerangka tubuhnya,
lalu kerangka tersebut ditutup dengan plasficine sesuai bentuk tokoh yang ingin
dibuat.Bagian-bagian tubuh kerangka ini, seperti kepala, tangan, kaki, disa
dilepas dan dipasang lagi.Setelah tokoh-tokohnya siap, lalu difoto gerakan per
gerakan.Foto-foto tersebut lalu digabung menjadi gambar yang bisa bergerak
seperti yang kita tonton di film. Animasi ini agak sukar untuk dihasilkan dan
memerlukan kos yang tinggi.
d. Animasi
Jepang (Anime)
Anime, itulah sebutan tersendiri untuk
film animasi di Jepang\, Jepang pun tak kalah soal animasi dibanding dengan
buatan eropa.Anime mempunyai karakter yang berbeda dibandingkan dengan animasi
buatan eropa. Salah satu film yang terkenal adalah Final Fantasy Advent
Children dan Jepang sudah banyak memproduksi anime
Berdasarkan teknik
pembuatan
Berdasarkan teknik pembuatannya animasi
dibedakan menjadi sepuluh jenis yaitu : animasi cel, animasi frame, animasi
sprite, animasi path, animasi spline, animasi vektor, animasi clay, morphing,
animasi digital dan animasi karakter.
5. Video
Video
adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan
menata ulang gambar bergerak.Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal
elektronik, atau media digital.Video juga bisa dikatakan sebagai gabungan
gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan kecepatan
tertentu. Gambar-gambar yang digabung tersebut dinamakan frame dan kecepatan
pembacaan gambar disebut dengan frame rate, dengan satufps.
Jenis-jenis Video
Video
Pada dasarnya terdapat dua jenis video dalam layer computer, yaitu : analog dan
digital video.
a. Video
Analog merupakan produk dari industri pertelevisian dan oleh sebab itu
dijadikan sebagai standar televise
b. Video
Digital adalah produk dari industri computer dan oleh sebab itu dijadikan
standar data digital.
1) Video Analog
Meskipun banyak video yang diproduksi
hanya untuk platform display digital(untuk Web, CD-ROM, atau sebagai presentasi
HDTV DVD), video analaog (kebanyakan masih digunakan untuk penyiaran televisi)
masih merupakan platform yang paling banyak diinstal untuk mengirim dan melihat
video. Standar Penyiaran Video Analog : Tiga standar penyiaran video analog
yang paling banyak digunakan di dunia adalah NTSC, PAL, dan SECAM.
a. NTSC
Amerika
serikat, Kanada, Meksiko, Jepang, dan banyak Negara lain menggunakan system
penyiaran dan pemutaran video berdasarkan spesifikasi yang dibuat pada tahun
1952, National Television Standar Comitee. Standar ini mendefinisikan sebuah
metode untuk mengenkode informasi kedalam sinyal video terbuat dari 525 garis
Horizontal yang di-scan dan digambar ke dalam wajah dalam tabung gambar
berfosfor setiap 1/30 detik dengan electron yang bergerak cepatb. PAL Sistem
Phase Alternate Line (PAL) digunakan di Inggris, Eropa Barat, Australia, Afrika
Selatan, Cina, dan Amerika Selatan. PAL meningkatkan resolusi layer menjadi 625
garis Horizontal, namun memperlamabta kecepatan scan menjadi 25 frame per
detik. Sama seperti saat penggunaan NTSC, garis genap dan ganjil digabungkan ,
setiap field memerlukan 1/50 detik untuk menggambar (50Hz).
b. SECAM
Sistem
Sequantial Color and Memory (digunakan di Perancis.Eropa timur, USSR (sekarang
Rusia), dan beberapa Negara lai. Meskipun SECAM merupakan system dengan 625
garis, 50 Hz, namun berbeda jauh dari system warna NTSC dan PAL dalam hal dasar
teknologi dan metode penyiaran. Terkadang TV yang dijual di Eropa memanfaatkan
dual komponen dan dapat menggunakan system PAL dan SECAM.
c. ATSC
High
Definition Television (HDTV). Hal penting untuk produser multimedia , standar
tersebut mengizinkan adanya transmisi data ke komputer dan untuk layanan ATV
interaktif yang baru . High Definition Television (HDTV) menyediakan resolusi
tinggi dengan aspek rasio 16:9. Industri penyiaran telah mengumumkan secara
resmi format interlaced 1920 x 1080 resolusi ultra-high sebagai batu penjuru
generasi baru dari pusat hiburanterkemuka, namun industri komputer lebih senang
memakai sistem scan progresif 1280 x 720 untuk HDTV. Orang-orang yang
berkecimpung dibidang computer berpendapat nahwa kualitas gambar dalam 1280×720
lebih superior dan stabil. Kedua format telah dimasukkan dalam standar HDTV .
2) Video Digital
Integrasi
Penuh dari video digital dalam kamera dan komputer mengurangi nemtuk televisi
analog dari video dari produksi multimedia dan platform pengiriman, jika kamera
video anda menggerakkan sinyal output digital, Anda dapat merekam video anda
langsung ke disk, yang siap untuk diedit. Jika sebuah video klip disimpan
sebagai data pada hard disk, CD-ROM atau perangkat penyimpanan massal lain,
Dunia video kini telah mengalami perubahan dari analog ke digital.Pada konsumen
rumahan dan perkantoran kita dapat menikmati kualitas video digital yang prima
lewat hadirnya teknologi VCD dan DVD (Digital Versatile Disc), sedangkan dunia
broadcasting kini juga lambat laun mengalihkan teknologinya kearah DTV (Digital
Television).
Banyak format video
yang telah diimplementasikan dalam sistem komputer.Beberapa format terkenal
dapat dilihat pada Tabel 4.
Tabel 4 Format berbagai
video pada komputer
|
FORMAT
|
KETERANGAN
|
|
AVI
|
Kepanjangannya adalah
Audio/Video Interleaved, merupakan standar video pada lingkungan windows.
Ekstensi : .avi
|
|
MOV
|
Format ini
dikembangkan oleh Apple. Merupakan format video yang paling banyak digunakan
di Web.
|
|
MPEG
|
Kepanjangannya adalah
Motion Picture Experts Group, merupakan format untuk video yang biasa
digunakan dalam VCD.
|
Contoh perangkat lunak
terkenal yang biasa digunakan untuk membuat film dengan format AVI ataupun yang
lain yaitu Adobe Premiere. Windows juga menyediakan perangkat lunak untuk
keperluan ini, yaitu Windows Movie Maker.
D. Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat
lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system,
berupaprogram-program untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia.
Perangkat lunainidigolongkan menjadi tiga bagian yaitu bahasa pemrograman
multimedia, perangkat lunak sistemmultimedia dan perangkat lunak aplikasi
multimedia.
Perangkat Lunak Untuk
Menciptakan Program Multimedia
Perangkat
lunak yang secara khusus ditujukan untuk membuat aplikasi multimedia disebut
multimedia authoring system (atau sering disebut authoring software).Beberapa
contoh yang tergolong sebagai authoring software yaitu Authoware, Quest, Icon
Author, dan Multimedia Director.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dapat
kita tarik beberapa kesimpulan tentang peranan multimedia dalam pembelajaran
adalah sebagai berikut:
- Multimedia
dapat digunakan untuk membantu pembelajar membentuk model mental yang akan
memudahkannya memahami suatu konsep.
- Pemanfaatan
multimedia dapat membangkitkan motivasi belajar para pembelajar, karena adanya
multimedia membuat presentasi pembelajaran menjadi lebih menarik.
B. Saran
Perlu
diperhatikan juga bahwa sesuatu yang menarik tidak secara otomatis mudah
dipahami karena adakalanya, suatu tampilan yang menarik justru akan memecah
fokus perhatian pembelajar. Penggunaan multimedia harus benar-benar dipilih
sesuai kebutuhan. Ada beberapa materi pembelajaran (terutama yang kompleks)
yang memerlukan multimedia, tetapi ada juga materi pembelajaran yang cukup
disampaikan secara lisan saja, tanpa perlu bantuan perangkat multimedia karena
cukup sederhananya materi tersebut.
DAFTAR
PUSTAKA
http://chievan.blogspot.com/2010/03/elemen-elemen-multimedia.html
http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2239020-jenis-aplikasi-multimedia/
http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
http://multimedia-ais.blogspot.com/2010/10/macam-macam-software-multimedia.html
http://staffsite.gunadarma.ac.id
http://kumpulan-makalah-adinbuton.blogspot.com
Sumber : http://kumpulan-makalah-adinbuton.blogspot.co.id/2015/05/makalah-aplikasi-multimedia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar